10 Fakta Unik Alam Semesta - SpaceNesia

10 Fakta Unik Alam Semesta

Yuk Gabung Ke Koncoan.com dan dapetin temen baru disana!

Fakta Unik Alam Semesta

SpaceNesia - Rahasia alam semesta yang teramat luas ini takkan pernah mampu diungkap secara ilmiah seluruhnya. Tapi sifat dasar manusia yang selalu penasaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tak kalah besar, membuat kita terus berusaha mengungkap setiap rahasia ilmu pengetahuan yang terkandung didalamnya.

Dalam dua abad terakhir, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat. Dan ini membuka gerbang yang membuat ilmuwan mampu mengurai beberapa rahasia semesta yang luar biasa. Bahkan seringkali, fakta yang diungkap begitu fantastis hingga membuat kita sulit percaya.

Berikut ini adalah daftar fakta-fakta tentang alam semesta


1.Bintang Berkecepatan tinggi (Hypervelocity Star/HVS) 


ini adalah fakta teraneh dimana orang awam melihat bahwa bintang akan berada di tempatnya dengan gerakan sangat-sangat lama,justru ada bintang yang berubah tempatnya dengan kecepatan sangat-sangat cepat.bintang yang satu ini adalah bintang yang memiliki sifat aneh,yaitu terlempar dari galaksi biamsakti akibat Konsekuensi dari lubang hitam masif di pusat galaksi.diprediksi oleh J.G. Hills pada tahun 1988 dan ditemukan pada tahun 2005 oleh W.Brown,J.Geller,S.Kenyon,dan M kurtz.contoh dari bintang ini adalah HE 0437-5439.HE 0437-5439 adalah bintang HVS yang berasal dari Awan Magellan Besar yang terlempar berkecepatan 2,6 juta km/j saat setelah kelahirannya.pelemparannya juga disebabkan oleh lubang hitam di gugus bintang AMB.


2.KIC 8462852/Bintang Tabby yang meredup secara drastis           

Ilustrasi bintang Tabby yang ditutupi megastruktur alien. Kredit: NASA
ini adalah kejadian aneh yang pernah viral dimana bintang ini terjadi perubahan fluktuasi kecemerlangan bintang tabby secara drastis,hingga SETI(institut pencari makhluk cerdas) menginvestigasi bintang ini dengan Teleskop Radio Allen untuk mencari sinyal di bintang tersebut.

Bintang KIC 8462852 adalah bintang di rasi Cygnus yang kadang kecemerlangannya menurun 20%.ditemukan tahun 2015 Oleh Tabetha Boyajian.tidak ada yang secara pasti mengapa ini bisa terjadi,namun banyak hipotesis yang menyebabkan menrunnya kecemerlangan bintang KIC 8462852.sungguh aneh dan misteri.

3.Galaksi tenyata memiliki sifat kanibal


maksudnya,ada galaksi yang bersifat ‘memakan’ galaksi lain.hal aneh ini telah lama dipercayai oleh Astronom.tapi yang menjadi aneh adalah mengapa galaksi ada yang memiliki sifat tersebut.salah satu contoh galaksi kanibal adalah 2MASX J16270254+4328340.

2MASX J16270254+4328340 adalah galaksi yang ditemukan di gugus galaksi dengan klasifikasi Spiral A.berlokasi di Rasi Herkules dengan Koordinat RA 16j27m01d,Dec+43,28,40.                        

4.Exoplanet Berwarna lebih Gelap dari arang


Exoplanet yang dimaksud adalah Exoplanet Kepler-1b yang mengorbit bintang GSC 03549-02811 A. jika Exoplanet ini mentransit Bintang induknya,maka dapat dikatakkan akan seperti seekor lalat yang melintasi lampu mobil.

Gelapnya Exoplanet ini diketahui dari albedo geometrinya (albedo adalah perbandingan sinar yang diterima dan yang dipantulkan) yang sangat rendah pada tahun 2011.nama tidak resminya akan dipanggil sebagai Erebus,dewa kegelapan.


5.Exoplanet Es yang dibakar oleh Bintang induknya

Planet Gliese 436b
ada exoplanet yang sangat dingin dan ber-es namun terbakar.exoplanet teresbut bernama Gliese 436 b.walaupun ia dibakar oleh bintangnya (Gliese 436),esnya masih padat karena memiliki jumlah air yang sangat banyak.ukuran Exoplanet ini kira-kira sedikit lebih besar dari Planet Neptunus.suhu permukaan Gliese 436 b adalah 245 derajat Celsius.

6.Ruang Hampa di alam semesta tidaklah benar-benar hampa.


alam semesta berisi ruang hampa dengan benda-benda langit,itu memang benar.tapi faktanya hampanya alam semesta tidak hampa.Konstanta Kosmologi alam semesta mungkin berhubungan dengan Energi titik nol,dimana ia berasal dari fluktuasi kuantum.dan energi yang mengisi ruang hampa adalah Energi Hampa/Vakum.energi ini muncul dari dua partikel,satu positif dan satu negatif yang tiba-tiba muncul entah darimana,lalu kedua partikel tersebut menabrak secara bersamaan,dan menghasilkan energi hampa.kepadatan energi ini sekitar 10^120,terlalu tinggi untuk memperbolehkan formasi struktur terjadi.

7.TV Statis yang ada di TV Jadul berasal dari sisa-sisa Dentuman Besar (Big Bang Theory)


1% Tampilan TV statis  (TV ber-noise) dari TV Jadul yang kamu lihat berasal dari radiasi gelombang mikro dentuman besar yang berasal dari alam semesta yang berlatar belakang gelombang mikro kosmis. ini disebabkan karena TV dan Radio sangat sensitif terhadap Gelombang Mikro ini.gelombang mikro ini tercipta dari cahaya yang terbentang akibat perluasan alam semesta.                           

8.bintang-bintang yang kamu lihat adalah masa lalu


walaupun cahaya adalah materi tercepat di alam semesta (299.792.458 m/d) tapi bintang-bintang tersebut berjarak sangat sangat sangat jauh dari kita,sehingga harus membutuhkan waktu dalam jangka sangat panjang.bila kalian melihat bintang yang sampai ke bumi,itu berarti bintangnya telah mati.

jika alam semesta baru berumur 4000 Tahun,tapi kondisinya seperti sekarang maka langit bumi hanya dihiasi sedikit sekali bintang-bintang dan tidak ada bentangan bimasakti,belum lagi benda langit yang jaraknya lebih dari 4000 tahun (cahaya).

9.NASA pernah merencakan untuk meledakkan bulan


tahun 1958,USAF berkerjasama dengan NASA untuk membangun sebuah proyek yang bernama Proyek A119 atau juga dikenal sebagai ‘Kajian tentang penerbangan untuk penelitian bulan’,yaitu dengan meledakkan bulan dengan Bom Nuklir yang diharapkan dapat memecahkan misteri Ilmu Keplanetan tentang Bulan dan Eksogeologi Bulan.namun,proyek ini tidak pernah dilanjutkan.

kemudian,LCROSS milik NASA yang membawa Roket Centaur mengalami Anomali sensor yang menyebabakan Roket Centaurnya menabrak Bulan.hasilnya,NASA menemukan adanya air di Bulan

10.Bumi pernah memiliki 2 Bulan


walaupun Satelit bumi yang kita kenal hanyalah 1,yaitu bulan tapi faktanya CSS (Survei Langit Katalina) menemukan 1 Asteroid yang juga mengorbit bumi,yaitu 2006 RH120 (sekarang,asteroid ini telah pergi)

Asteroid 2006 RH120 adalah Asteroid Amor yang memiliki Magnitudo Absolut 29,5-29,9 v,mengorbit bumi selama 31 Tahun dengan ketidakpastian 6.33 Hari,periode rotasinya adalah 2,75 Menit dan jarak antara titik terdekat dari orbit osilasi dua benda adalah 532.843,784 Km.

asteroid ini ditangkap oleh gravitasi bumi dan bulan sehingga menjadi bulan bumi dalam waktu sementara saja,karena pada tahun 2007 asteroid ini telah pergi.walaupun demikian,penemuan 2006 RH120 adalah bukanlahpenemuan anomali biasa

Sekianlah artikel "10 Fakta Unik Alam Semesta" kali ini, Jangan Lupa Untuk Like Dan Follow Sosial Media Kami : Twitter, Facebook, Google+, Instagram, Youtube, Pinterest, Dan Subscribe Untuk Mendapatkan Update Terbaru Dari Kami.

No comments

Powered by Blogger.